LITERASI KEUANGAN DAN PELATIHAN AI UNTUK PEMASARAN PRODUK UMKM DI INSTITUT WIDYA PRATAMA PEKALONGAN
Pekalongan — Institut Widya Pratama Pekalongan menggelar kegiatan bertajuk Literasi Keuangan dan Pelatihan AI untuk Pemasaran Produk UMKM, yang diikuti oleh para pelaku UMKM di Kota Pekalongan, Sabtu, 28 Juni 2025. Kegiatan ini merupakan bentuk sinergi antara dunia pendidikan tinggi dan sektor usaha mikro, kecil, dan menengah untuk mendorong transformasi digital dan peningkatan kapasitas pelaku UMKM. Acara dibuka dengan sambutan dari Ketua Forum Komunikasi UMKM, Abdurrohman, yang menekankan pentingnya kolaborasi lintas sektor demi kemajuan UMKM. Selanjutnya, acara dibuka secara resmi oleh Rr. Tjandrawati, S.E., selaku Sekretaris Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UKM Kota Pekalongan. Dalam sambutannya, Rr. Tjandrawati menyampaikan bahwa pelatihan ini diharapkan dapat menjadi nilai tambah bagi pelaku UMKM. "Tentunya dengan adanya pelatihan ini akan ada nilai plus dari pelaku usaha, terkait pemasaran dari yang konvensional ke digital, dan tujuannya untuk meningkatkan daya saing dan pengembangan usaha UMKM. Melakukan kerjasama dengan Institut Widya Pratama dalam hal di sektor pemasaran digital, agar UMKM kita naik kelas tambah maju, tentunya akan sejahtera, dengan sejahtera akan diikuti dengan pertumbuhan ekonomi yang meningkat dan kemiskinan akan berkurang," ungkapnya.
Kegiatan ini terbagi dalam dua sesi utama. Sesi pertama adalah literasi keuangan bagi UMKM yang disampaikan oleh perwakilan dari BPR BKK Kota Pekalongan. Sesi ini memberikan pemahaman tentang pengelolaan keuangan usaha yang sehat dan berkelanjutan. Sesi kedua merupakan pelatihan kecerdasan buatan (AI) untuk pemasaran produk UMKM. Materi disampaikan oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Institut Widya Pratama, Dicky JSH Siregar, M.Kom. Peserta diperkenalkan dengan berbagai platform dan strategi digital marketing berbasis AI yang dapat membantu UMKM dalam menjangkau pasar yang lebih luas dan meningkatkan efisiensi pemasaran. Kegiatan ini diharapkan menjadi langkah nyata dalam mendukung digitalisasi UMKM di Kota Pekalongan sekaligus memperkuat peran perguruan tinggi sebagai pusat inovasi dan pengembangan ekonomi daerah.